Sepatu untuk SDN Guyangan, Gunung Kidul, Yogyakarta

Assalamualaikum..

Halo kakak-kakak semua, dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, @1000_gurujogja mengajak rekan-rekan di Jogja dan sekitarnya untuk mendonasikan sepatu untuk adik-adik di SDN Guyangan, Gunung Kidul.

SDN Guyangan berlokasi di Mertelu, wonosari, Gunungkidul. Sekolah ini Tergolong SD terpencil, terletak dekat perbatasan Jogja-Jateng. Dapat ditempuh sekitar 1 jam dari kota jogja. Terletak di Lembah yg dikelilingi perbukitan. Tidak ada signal internet, hanya ada ind*sat 2bar hanya untuk telpon & sms. Bahkan terkadang untuk telponpun tidak bisa. Banyak siswa yang pergi ke sekolah hanya menggunakan sandal jepit. Tidak hanya dari jogja saja, beberapa siswanya juga ada yang berasal dari klaten, Jateng.

Perjalanan menuju sekolah ini dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari kota jogja. Sampai ke kantor kecamatan masih aspal mulus, namun jalan yg membelah bukit belakang kecamatan masih belum diaspal, hanya berupa cor-coran semen yang jika hujan bisa menjadi sangat licin. Apabila akan berkunjung ke sekolah ini disarankan mengendarai motor. Sepanjang jalan disuguhi pemandangan alam yang menarik. Tapi tetap harus waspada karna kanan kirinya jurang & jalan rusak.

Kondisi sekolah sudah keramik setelah mengalami renovasi pada tahun 2007 karna pernah rata dengan tanah akibat gempa 2006. Selain itu kondisi Perpustakaan sekolah ini juga minim buku, P3K seadanya serta bukit belakang sekolah yang rawan longsor.

Total siswa yang belajar ddisekolah ini berjumlah 57 anak yang memperoleh BSM. Rata-rata orang tua tidak tamat SD dan bekerja sbg buruh tani. Seragam yang digunakan oleh para siswa merupakan sumbangan dari donatur. selain itu taas sepatu serta buku merupakan bantuan dari proposal keliling. Paping blok yang ada di sekolah, pagar, dan tempat parkir dibangun swadaya guru-guru yang sudah PNS.

Akhir tahun lalu, status SD terpencil sudah dicabut oleh bupati. Tak ada lagi tunjangan untuk guru-guru disana. bahkan sempat demo karna mereka diharuskan mengembalikan tunjangan guru terpencil yg udh terlanjur dikucurkan. Fungsional dan insentif thn ini belum ada kejelasan dari pihak terkait akan bisa cair atau tidak.

Sekolah ini mempunyai guru teladan, yaitu bapak sunardi 28th. GTT. Dimana jarak yang ditempuh dari rumah ke sekolah kurang leibh 30km. Jarak tempuh sekitar 60mnt dengan Gaji 250 ribu/bln dan itupun baru mulai januari 2015. Pada tahun sblmnya, tahun 2014 gaji yang diterima adalah 200 ribu setiap bulannnya, bahkan pada tahun 2013 hanya 150 ribu per bulannya. pengeluaran bensin 350rb/bln. Tentunya saja hal ini menjadi keprihatinan bagi kita semua ditengah harga BM yang terus mengalami kenaikan.

Irfan muhammad Iiddik, murid kelas 2 SDN Guyangan merupakan seorang Tunanetra. Belajar tanpa braille dan hanya mendengarkan penjelasan pak guru. Belum ada bantuan dari pemerintah maupun pihak terkait. Jarak yang ditempuh Irfan sehari-hari kurang lebih sejauh 2 Km dari sekolah. Hal tesebut ditempuh dengan cara jalan kaki bersama teman-temannya tanpa ada yang antar jemput meskipun Irfan merupakan seorang Tunanetra.

Ada seorang siswa di kelas 3 juga merupakan siswa tunadaksa. Pihak sekolah masih berusaha membujuk anak tersebut untuk tetep mau sekolah karena sudah beberapa siswa tersebut enggan bersekolah lagi.

Ayok kakak-kakak semua, mari ikut ambil bagian untuk pendidikan anak Negeri. Sedikit uluran tangan dari kakak-kakak akan sangat berarti buat mereka.

 

IMG-20150423-WA0003
Ayo kawan-kawan, mari berdonasi sepatu untuk adik disekolah ini
IMG-20150423-WA0004
SD yang bertempat di Mertelu Gunung Kidul yang akan jadi lokasi TnT 1000_guruJoga 2 Mei nanti

 

 

Untuk kriteria sepatu yang dibutuhkan sebagaimana tercantum pada poster di bawah ini; dan bagi yang ingin berdonasi uang tunai silahkan hubungi contact person yang tertera pada poster tersebut. Satu hal kecil dari kita akan punya 1000 arti buat mereka. Salam 1000_guru.

IMG-20150423-WA0002

 

 

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *