Traveling and Teaching Tangkilsari, Ujung Kulon

Memulai Pejalanan menuju Desa Tangkilsari Jumat malam tanggal 20 Juni 2014, kami mulai perjalanan kami dari BNN Cawang menuju Desa Tangkilsari, Ujung Kulon, Bersama 32 peserta yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia seperti Makasar, Jogja, Palembang, Bandung dan lainnya termasuk 3 Puteri Indonesia. Dengan bus HIBA Utama non AC, kami berangkat ke Ujung Kulon, walau terasa panas tapi kami menikmati perjalanan dengan senyuman.

Perjalanan menuju Ujung Kulon kurang lebih 7 jam, tepat pukul 7 pagi kami tiba di Ujung Kulon, Peserta saling berkenalan. Dengan Mata masih merasakan rasa kantuk, pagi ini pun kami harus jalan 1,5 km menuju ke SD Tangkilsari, Semua berjalan kaki, termasuk para ke 3 Putri Indonesia. Setelah 30 menit berjalan kaki, tibalah kami di SDN 3 Tangkilsari, Siswa/i menyambut kami dengan ramah dan ceria. Mereka melompat tinggi, bernyanyi dengan penuh semangat,menyambut diawal perkenalan dengan kami. Tak ketinggal para Puteri Indonesia 2014 juga memperkenalkan diri kepada Siswa/i SDN 3 Tangkilsari. Semua Semangat!!. Setelah kami berkenalan, kami membagi 6 kelompok peserta untuk mengajar di kelas 1 sampai 6, Teaching di mulai, Para Putri Indonesia 2014 pun dapat giliran mengajar di kelas satu, mengajar, bermain dan berbagi. Selain ke 3 Putri Indonesia ikut serta dalam TNT kali ini Emil Kusumo (The Stalker) dan Andry Abbout (Selera Asal) ikut mengajar di semua kelas.

Siswa/i SDN 3 Tangkilsari duduk manis dan serius memperhatikan kakak 1000_guru mengajar, mereka sangat bersemangat sekali. Materi pelajaran yang kami ajarkan mulai dari belajar berhitung, membaca, bernyanyi dan games. Setelah teaching/mengajar Siswa/I SD Tangkilsari usai, kami membagikan tas dari teman-teman donatur ke Siswa/i SD Tangkilsari. Sambil membagikan tas kepada Siswa/i, Setiap peserta wajib memberikan motivasi pada mereka agar tetap semngat sekolah. Setelah membagikan 150 tas dan buku tulis, anak-anak menempelkan kertas cita-cita di Balon Harapan. “Aku ingin jadi Guru”. Kami dan semua siswa/I SD Tangkilsari yakin dengan Menerbangkan Balon Harapan, kami yakin cita cita anak-anak SDN 3 Tangkilsari Ujung Kulon akan terwujud, Amin!.Kegiatan Mengajar selesai untuk hari ini, mengajar sudah, bagi tas dan alat tulis sudah, saatnya makan siang bersama para Volunteer 1000_guru.

Malam harinya kami mengundang orang tua murid untuk menyaksikan video kegiatan teaching kami dengan anak-anak mereka. Setelah acara nonton bareng video, kami semua tidur di SDN 3 Tangkilsari, termasuk Putri Indonesia tidur di lantai sekolah, tanpa kasur, hanya beralas karpet. Nyamuk berseliweran, namun rasa kantuk membuat kami lelap tidur, tak merasakan gigitan nyamuk, ah capeknyoooo. Hanya ada sumur tanpa pompa listrik, kami harus mengangkat air untuk mandi, kamar mandi satu untuk 48 peserta, warga tak punya WC.

Pagi pun tiba, kami harus melanjutkan traveling and teaching, kami pamit kepada warga sekitar, saatnya traveling ke Peucang. Dengan menyewa 2 perahu motor, Bersama 48 peserta Traveling and Teaching bergerak menuju Pulau Peucang, Ujung Kulon. Menempuh 3 jam perjalanan,kami pun sampai di pulau peucang, pulau yg indah, asri, pantai pasir putih,kamu harus kesini. Setelah puas menikmati pantai, kami pun snorkling, menikmati indahnya bawah laut Pulau Peucang. Sore pun menjelang, kami harus meninggalkan pulau peucang, dan berpisah dengan teman-teman peserta.

Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu kelancaran TNT Pulau Peucang, para donator yang sudah memberikan donasi, peserta TNT dan Putri Indonesia yang sudah ikut serta dalam TNT Pulau Paucang. Sampai bertemu di Traveling and Teaching berikutnya. Salam 1000_guru

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *